Featured Posts

Breaking News

Mohon Doa dan Dukungan Masyarakat Dapil III Kota Medan Kec. Medan Perjuangan - Kec. Medan Timur - Kec. Medan Tembung untuk Menjadi Wakil Masyarakat di DPRD Kota Medan PEMILU 2019

IKAN JURUNG SUMATERA



Ikan yang sudah mulai langka ini pada jaman dahulu adalah makanan raja-raja di mandailing  dalam menjamu tamu-tamunya. Orang Batak menyebut ikan ini dengan nama ikan Ihan, persis dengan ikan tombro kali kalau di Jateng, kalau di Jabar namanya kancra  Sebenarnya nama ilmiahnya adalah Tor tombroides dengan Ordo`nya Cypriniformes (carps), termasuk dalam Klas Actinopterygii. Secara umum ikan ini memiliki nama Mahseer, yang tersohor di berbagai manca Negara dan sangat kaya akan protein. 

Ikan jurung adalah sejenis ikan sungai air deras yang hidup di sungai-sungai berair deras di Sumatera utara, Aceh sampai wilayah riau dan Jambi. Ikan jurung sungai ini bentuknya mirip ikan mas, hanya saja siripnya berwarna perak dan gerakannya sangat gesit, Ikan ini biasanya bergerombol di "lubuk" sungai atau bagian terdalam pusaran sebuah sungai. Perangainya berbeda seperti salmon yang suka "mendaki" melawan arus, ikan jurung akan melakukan manuver apapun untuk melarikan diri dari pemangsanya tanpa peduli arus sungai, oleh karena itu perlindungan terbaiknya adalah lubuk sungai. Jumlahnya tidak akan lebih dari sepuluh ekor. sejenis dengan ikan hampala yang hidup di sungai- sungai air deras di Kalimantan yang membedakannya mungkin ada garis hitam melingkari tubuh ikan hampala, sedang jurung badannya mulus..seperti ikan mas. 


Ikan jurung dewasa ini semakin langka di sungai - sungai Sumatera Utara, justru di Tapanuli selatanlah populasinya bisa berkembang, karena dilindungi. Di Kabupaten Tapanuli Selatan, di Danau Siais di Kecamatan Siais yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Padang sidempuan, di danau di Desa Rianiate itu, akan ditemui segerombolon ikan Jurung di anak sungai yang mengalir di tengah kampung dan pinggir Masjid Rianiate. Upaya untuk membudidayakan ikan jurung sungai memang telah dirintis, namun yang lebih penting bagaimana memberi pemahaman masyarakat setempat untuk tidak mengambil ikan ini secara berlebihan dan mengembangkan budidayanya demi kelestarian ikan air deras asli Indonesia. Terancamnya kelestarian ikan ini bukan hanya disebabkan pencemaran dan rusaknya habitat ikan ini saja, tapi juga karena permintaan pasar LN khususnya malaysia.


Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar